Label:

Manusia dan Pandangan Hidup


1. Dasar Teori Ideologi


Ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan. Kata ideologi sendiri diciptakan oleh Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan "sains tentang ide". Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang komprehensif, sebagai cara memandang segala sesuatu (bandingkan Weltanschauung), secara umum (lihat Ideologi dalam kehidupan sehari hari) dan beberapa arah filosofis (lihat Ideologi politis), atau sekelompok ide yang diajukan oleh kelas yang dominan pada seluruh anggota masyarakat.

Tujuan untama dibalik ideologi adalah untuk menawarkan perubahan melalui proses pemikiran normatif. Ideologi adalah sistem pemikiran abstrak (tidak hanya sekadar pembentukan ide) yang diterapkan pada masalah publik sehingga membuat konsep ini menjadi inti politik. Secara implisit setiap pemikiran politik mengikuti sebuah ideologi walaupun tidak diletakkan sebagai sistem berpikir yang eksplisit.(definisi ideologi Marxisme).

2. Berbeda Ideologi, PDIP Sulit Berjuang Bersama PKS Sebagai Oposisi 


Jakarta Banyak prediksi soal keberlangsungan PKS di koalisi. Salah satunya yang menyebut bahwa PKS akan segera keluar dari koalisi Setgab dan menjadi partai oposisi pemerintah. PDI Perjuangan yang sudah menjadi oposisi sedari awal Kabinet Indonesia Bersatu jilid II menanggapi dingin hal tersebut.

"Itu urusan rumah tangganya PKS," kata Ketua DPP PDIP, Maruarar Sirait, kepada detikcom, Jumat (6/4/2012).

Menurut Maruarar, PDIP tidak pernah membuat koalisi oposisi. Sehingga tidak ada faktor kepentingan untuk mendekati PKS jika partai tersebut jadi keluar dari koalisi yang mendukung pemerintah.

Selain itu, menurutnya, walau kerap memiliki pandangan yang sama pada beberapa peristiwa seperti kasus century, mafia pajak, dan APBN-P 2012 kemarin, PDIP dan PKS memiliki perbedaan ideologi.

"Saya rasa juga ada perbedaan ideologi. Ideologi kita PDIP sangat terinspirasi oleh Trisaktinya Bung Karno, yaitu salah satunya berdaulat dalam bidang politik," papar anggota Komisi XI DPR RI itu.

Meski demikian, Maruarar berpendapat bahwa keluarnya PKS dari koalisi pemerintah adalah hal yang baik. Menurutnya, itu akan memperkuat fungsi DPR sebagai lembaga pengawas pemerintah.

"Salah satu fungsi DPR adalah mengawasi jalannya pemerintahan. PDIP pun selama ini sudah membuktikan menjadi oposisi yang mengawasi namun juga bisa mendukung pemerintah. Akan sangat ironis jika DPR yang tugasnya mengawasi pemerintah hanya menjadi stempel pemerintah, menurut saya itu mencederai UUD dan the founding father," pungkasnya.

Pendapat Penulis


Dari teori yang telah di kemukakan diatas maka dapat disimpulkan bahwa ideologi suatu bangsa merupakan pandangan hidup atau gagasan suatu bangsa untuk mencapai tujuan berdirinya negara tersebut.

Untuk mencapai tujuan atau ideologi dari suatu negara, negara tersebut harus menerapkan ideologi tersebut kepada seluruh rakyatnya.penerapan itu harus secara merata baik dari kalanngan menengah ke bawah maupun menengah ke atas. Sebaiknya rakyat juga harus memperhatikan peraturan yang di berikan oleh pemerintah supaya terjadi sinkronisasi yang baik antara rakyat dengan pemerintah.

Selain idoelogi sebagai tujuan suatu negara, ideologi juga membantu negara penganut ideologi tersebut kepada perilaku sehari - hari yang harus dilakukan suatu negara untuk mencapai tujuan. berarti ideologi juga sebagai pandangan hidup dan ssebagai penuntun suatu bangsa apabila ingin mencapai suatu kesuksesan. dengan memiliki suatu ideologi negara tersebut berarti telah memiliki tujuan yang pasti yang akan di capai oleh negara tersebut. Negara tersebut juga harus konsisten terhadap ideologinya.

Mungkin sekian penjabaran atau pendapat dari penulis semoga berkenan di hati pembaca mohon maaf apabila ada kesalahan kata.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar