Laporan Akhir Lab Internet Dasar


1.       Sebut dan jelaskan 3 contoh web browser dan search engine ?
Jawaban !

Contoh Web Browser dan perbedaanya :

Mozila Firefox : Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah peramban web lintas platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.

Google Chrome : Google Chrome adalah sebuah peramban web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit.

Internet Explorer : Windows Internet Explorer (sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE) adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995.

Contoh Search Engine dan Perbedaannya :

Google : Google Inc. (NASDAQ: GOOG dan LSE: GGEA) merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet dan iklan online.

Bing : Bing merupakan mesin pencari (search engine) website yang bernaung di bawah bendera Microsoft.


Yahoo! : Yahoo! Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia.

2.       Sebut dan jelaskan 5 istilah dalam blog ?
Blogroll : sekumpulan link yang dijukan ke blog yang lain.
Blogsnop : menolak respon dari komentator yang bukan temannya.
Blogebrity : Blogger yang sangat terkenal, kayak selebriti gitu.
Blogging : kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam dunia blog.
Photoblogging : sebuah blog yang difokuskan pada dunia Photografi dan gambar-gambar.

3.       Sebut dan jelaskan arsitektur search engine ?

Spider

Spider adalah program yang dimiliki oleh search engine yang bekerja untuk mengambil halaman-halaman yang ditemukannya, hampir mirip dengan browser.


Crawler

Crawler merupakan program yang dimiliki search engine yang bertugas menelusuri setiap link yang ada di sebuah web site. Tugas Crawler adalah untuk membantu Spider untuk menentukan arah yang akan ditujunya sekaligus mengevaluasi link tersebut.

 

Indexer

 

Indexer merupakan salah satu komponen search engine yang bertugas untuk mendeskripsikan suatu halaman web site dan menganalisa berbagai unsur di dalamnya, seperti pada penulisan title, penulisan huruf, keyword-keyword yang ada di konten sehingga dengan demikian akan mengenal web tersebut lebih jauh lagi terutama dalam menganalisa suatu keyword di dalamnya.


Database

Database merupakan komponen search engine yang bertugas sebagai tempat meletakkan data-data sebelumnya yang telah didownload oleh Spider serta sebagai tempat yang tadinya digunakan oleh Indexer dalam menganalisa suatu web.


Result Engine

Result Engine merupakan program yang bertugas menggolongkan suatu web site dan menentukan suatu perangkingan dalam hasil pencarian yang diminta oleh user.


Web Server

Web Server merupakan komponen terakhir pada seacrh engine yang berfungsi melayani permintaan kepada user yang merupakan umpan balik dari permintaan user tersebut. Web Server merupakan bagian central dan penentu terhadap apa-apa yang diminta oleh user.

 

 

Nama : Ahmad Ilmawan Islami

Kelas : 1KB03

NPM : 20111431

Tutor : Fauzi

 

LAB INTDAS GUNADARMA : Klik Disini





0 komentar:

Posting Komentar