Label:

Manusia dan Keindahan

Definisi Keindahan

      Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah "kecantikan yang ideal" adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.


       Pengalaman "keindahan" sering melibatkan penafsiran beberapa entitas yang seimbang dan selaras dengan alam, yang dapat menyebabkan perasaan daya tarik dan ketenteraman emosional. Karena ini adalah pengalaman subyektif, sering dikatakan bahwa beauty is in the eye of the beholder atau "keindahan itu berada pada mata yang melihatnya."

        Kata benda Yunani klasik untuk "keindahan " adalah κάλλος, kallos, dan kata sifat untuk "indah" itu καλός, kalos. Kata bahasa Yunani Koine untuk indah itu ὡραῖος, hōraios, kata sifat etimologis berasal dari kata ὥρα, hora, yang berarti "jam." Dalam bahasa Yunani Koine, keindahan demikian dikaitkan dengan "berada di jam (waktu) yang sepatutnya."

       Sebuah buah yang matang (pada waktunya) dianggap indah, sedangkan seorang wanita muda mencoba untuk tampil lebih tua atau seorang wanita tua mencoba untuk tampil lebih muda tidak akan dianggap cantik. Dalam bahasa Yunani Attic, hōraios memiliki banyak makna, termasuk "muda" dan "usia matang."

 Artikel Mengenai Keindahan

      detikTravel Community - 
Keindahan bawah laut Pulau Menjangan sudah sangat terkenal. Berkat keindahannya banyak wisatawan lokal atau internasional yang hobi diving datang ke pulau ini. Pulau kecil yang berada di sebelah barat Bali ini masuk dalam Kawasan Taman Nasional Bali Barat.

     Menuju Pulau Menjangan harus menggunakan perahu dengan menempuh perjalanan sekitar 20 menit. Anda bisa menyewa perahu-perahu ini di Labuhan Lalang atau labuhan Banyu Wedang. Untuk menyewa perahu ke pulau, Anda harus membayar sekitar Rp 300.000 dengan kapasitas 10-12 penumpang. Selain di kedua labuhan tersebut di sekitar TNBB juga terdapat dive operator yang akan mengantar wisatawan menuju Pulau Menjangan. 

         Namun, Anda tidak bisa sembarangan diving atau snorkeling di pulau ini karena masih dalam perlindungan TNBB. Oleh sebab itu, bila ingin menikmati keindahan bawah laut Pulau Menjangan secara langsung, Anda harus lapor kepada dinas terkait. Selanjutnya, Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp2.500 untuk wisatawan lokal dan Rp25.000 untuk wisatawan asing.

      Guna menjaga keamanan pengunjung, saat ber-diving dan snorkeling ada tour guide yang mendampingi. Hal ini bertujuan, saat snorkeling wisatawan tidak menginjak coral yang ada. Sehingga kelestarian alam bawah lautnya juga tetap terjaga dan tidak rusak.

      Setelah 20 menit berada di atas laut, berbagai jenis ikan dan coral yang warna-warni menyambut kedatangan Anda. Keberadaan penampakan nan indah ini dapat dilihat dengan jelas dari atas perahu. Panorama laut ini mampu menggoyang hasrat Anda untuk melihat lebih jauh keindahan bawah laut Pulau Menjangan. Berbagai soft dan hard coral serta kima yang warna-warni menjadi salah satu alasan para penyelam betah berlama-lama di dalam air.

     Tidak hanya pemandangan bawah lautnya yang memesona, keindahan pantai di sekeliling Pulau Menjangan juga sangat cantik. Hamparan pasir yang menjadi foreground alam bila Anda memandang dari pantai terlihat sangat pas dengan background laut yang biru. Ternyata, di Pulau Menjangan juga terdapat pura dengan patung Ganesha yang biasa digunakan untuk beribadah oleh umat Hindu. Adanya patung ini menambah kecantikan Pulau Menjangan. Sungguh keindahan yang sangat sempurna di Pulau Menjangan, Bali.

Komentar Penulis

        Keindahan merupakan suatu bentuk yang dapat membuat orang yang melihatnya menjadi terkagum-kagum atau terpesona dengan penampilannya. Keindahan dapat membuat hati seseorang menjadi sejuk.

            Setiap hal pasti memiliki keindahan tersendiri. Misalkan subuah pegunungan memiliki hamparan kebun teh yang hijau yang membuat mata orang yang melihatnya menjadi damai hal tersebut juga termasuk contoh keindahan. Setiap orang mempunyai hal yang ia subut indah oleh dirinya sendiri. Misalkan seorang ahli komputer mungkin akan mengatakan program yang dia buat sangat indah itu di karenakan ia menyukai atau mengagumi tentang program sehingga apabila ia berhasil membuat sebuah program yang bagus maka ia akan menganggap program tersebut indah.

        Tetapi kadang kala keindahan tersebut dapat menipu seseorang. Misalnya sebuah bunga mawar memiliki bentuk bunga yang indah tetapi ada bagian lain dari bunga tersebut yang dapat melukai seseorang. Pada tangkai bunga mawar terdapat banya duri - duri yang apabila tertusuk lumayan terasa sakit. Oleh karena itu kita harus berhati - hati di balik suatu keindahan pasti terdapat sisi lain yang dapat merugikan. Contoh lain misalkan gunung berapi pemandangan gunung tersebut bisa saja indah tetapi apabila gunung tersebut meletus maka semua pemandangan indah itu akan hilang dengan cepat dan muncul kepanikan di warga sekitar.

          Oleh karena itu suatu keindahan merupakan anugrah yang di berikan oleh Allah SWT suapaya meusia dpat bersyukur kepada Allah SWT tentang apa yang telah diberikanNya kepada kita semua.

Sumber :
1. Wikipedia
2. DetikTravel

0 komentar:

Posting Komentar