Contoh Proposal

a.    Judul
Alarm Lemari Es
b.       Latar Belakang

Dalam kehidupan sehari - hari seringkali seseorang lupa menutup pintu lemari es dengan rapat sehingga mengakibatkan udara dari luar masuk ke dalam lemari es, sehingga membuat bahan makanan yang di tempatkan di dalam lemari es bisa cepat busuk. Oleh karena itu lemari es hendaknya dilengkapi dengan alarm yang menandakan kalau pintunya tidak tertutup rapat.
Alarm lemari es ini menggunakan sebuah sensor cahaya yang berfungsi untuk mendeteksi apakah lampu pada lemari es sudah mati atau masih menyala. Sensor cahaya yang digunakan adalah LDR (Light Dependence Resistor).

c.       Batasan Masalah
Pada pembuatan proyek alarm lemari es ini penulis hanya membatasi masalah pada pembuatan rangkaian beserta pemasangan komponen – komponen yang terdapat pada alarm lemari es dan simulasi cara pengoperasian alamr lemari es tersebut.
d.      Tujuan Penelitian
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
1.   Mengetahui Komponen – komponen yang diperlukan untuk membuat alarm lemari es
2.   Mengetahui cara pembuatan jalur PCB untuk rangkaian alarm lemari es
3.   Mengetahui cara peletakkan komponen pada PCB
4.   Mengetahui konsep atau cara kerja dari alarm lemari es
e.       Manfaat Penelitian
Dengan adanya alarm lemari es ini nantinya diharapkan dapat :
1.      Mengingatkan pengguna lemari es untuk menutup pintu lemari es
2.      Menambah pengetahuan mengenai cara kerja alarm lemari es
3.      Menghemat penggunaan listrik di rumah.

f.       Landasan Teori
Alarm lemari es merupakan sebuah alat atau perangkat yang berfungsi untuk mendeteksi kondisi pintu lemari es. Untuk membuat sebuah alarm lemari es tentu memerlukan komponen – komponen elektronika.
Dalam pembuatan alarm lemari es ini komponen – komponen elektronika yang digunakan dibagi menjadi 4 macam jenis komponen :
1.   Komponen Aktivator
2.   Komponen Pasif
3.   Komponen Aktif
4.   Komponen Output
Adapun komponen aktivator adalah komponen yang mengaktivkan seluruh komponen yang terdapat pada rangkaian. Oleh karena itu komponen activator merupakan komponen yang sangat penting untuk sebuah rangkaian supaya dapat aktiv
Komponen pasif adalah komponen elektronika yang dalam pengoprasiannya membutuhkan sumber tegangan dan sumber  arus, misalnya Resistor, Kapasitor,  Dioda, dan  lain-lain.
Sedangkan komponen aktif adalah komponen elektronika yang dalam  pengoprasiannya tidak memerlukan sumber tegangan atau sumber arus   tersendiri, misalnya Transistor, Tranducer, SCR, Sensor, Integrated Circuit (IC) dan lain-lain.
Lalu komponen output adalah komponen yang menunjukkan bentuk keluaran pada sebuah rangkaian.
Selanjutnya akan dijelaskan secara detail mengenai komponen – komponen yang digunakan pada pembuatan alarm lemari es ini. Penjelasan akan dibagi sesuai denagn 4 jenis komponen di atas yaitu komponen activator, komponen pasif, komponen aktif, dan komponen output.
secara detail, dapat berupa definisi-definisi atau model matematis yang langsung berkaitan dengan tema atau masalah yang diteliti.


0 komentar:

Posting Komentar