Label:

Pengertian Bahasa Menurut Ahli

   Menurut Keraf dalam Smarapradhipa (2005:1), memberikan dua pengertian bahasa. Pengertian pertama menyatakan bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Kedua, bahasa adalah sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer.


    Dari pengertian bahasamenuru keraf di atas sudah jelas bahawa bahasa merupakan alat komunikasi antara 2 individu untuk berinteraksi dengan menggunakan alat ucap manusia. Saya setuju dengan pendapat keraf di atas bahwa bahasa memerlukan alat ucap atau alat untuk menyampaikan informasi seperti mulut, tulisan, dan media lain yang dapat dimengerti oleh lawan bicara.

    Dari pengertian kedua bahasa bersifat arbiter yang berarti tidak adanya hubungan langsung yang bersifat wajib antara lambang dengan yang dilambangkannya. Dengan kata lain, hubungan antara bahasa dan wujud bendanya hanya didasarkan pada kesepakatan antara penurut bahasa di dalam masyarakat bahasa yang bersangkutan. Misalnya, lambang bahasa yang berwujud bunyi kuda dengan rujukannya yaitu seekor binatang berkaki empat yang biasa dikendarai, tidak ada hubungannya sama sekali, tidak ada ciri alamiahnya sedikit pun.

Sumber : 

0 komentar:

Posting Komentar